Update Harga Domba Texel dan Update Texel Super Terbaru di lampung tengah

Berapa harga daging domba Texel di pasaran tahun ini? Dinamakan berdasarkan asal usulnya, Pulau Texel terletak di Provinsi Belanda Utara, Belanda. Daging domba texel dikenal sebagai daging unggul di seluruh dunia, karena dagingnya yang sangat ramping. Genetika domba texel sendiri mempunyai otot yang sangat kuat, badan yang besar dan berat, serta mempunyai bulu yang berwarna putih keabu-abuan. Domba texel terdapat hampir disetiap negara, termasuk Indonesia.

 

Sekilas wolnya mirip dengan Merino. Wol inilah yang membedakan Texel dengan Merino. Domba Texel memang memiliki bulu di tubuhnya. Namun hanya terdapat di bagian punggung, tidak termasuk kaki dan wajah.

 

Domba ini berbeda dengan Merino karena memiliki bulu yang tebal dan panjang menutupi seluruh anggota tubuhnya. Domba Merino memiliki bulu di wajah dan kakinya, menjadikan mereka produsen kain wol paling produktif di dunia. Lalu berapa harga domba Texel fullblood, super atau cross saat ini? Sebelum kita membahas harganya, mari kita pelajari dulu sejarah Texel sebagai daging domba potong yang populer di Indonesia.

 

Sejarah dan Harga Domba Texel di Indonesia

 

Sebaran domba Texel pada abad ke-18 telah mencapai lebih dari 35 negara di dunia, termasuk di benua Eropa, Amerika, dan Oceania. Di negara-negara ini, populasi Texel meningkat. Domba Texel terkenal dengan kemampuan beradaptasi dan daya tahannya yang sangat baik.

 

Tak terkecuali di Indonesia, baru pada pertengahan abad ke-20, sekitar tahun 1970-an, Texel masuk ke Indonesia dari Belanda. Perkembangan pertama terjadi di Jawa Barat sebelum menyebar ke seluruh Pulau Jawa. Wol texel digunakan dalam tekstil, dan dagingnya juga rendah lemak. Meski begitu, produksi wol Texel tidak sebanding dengan domba Merino yang mampu memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian suatu negara.

 

Hingga saat ini, peternakan domba Texel dipusatkan di Afrika, Belanda dan Australia. Oleh karena itu, Texel Indonesia menjadi mayoritas di negara tersebut. Harga Texel ditentukan oleh kualitas, ras atau keturunannya. Texel super mulai 1,75 jutaan untuk wanita usia 6-7 bulan. Laki-laki yang sama, dari umur dan jenisnya, harganya sekitar 2 juta. Namun jangan salah, Texel tetap menjadi investasi berharga. Pasalnya harga satu golongan darah lengkap pria dewasa bisa mencapai 60 jutaan. Double Diamond, seekor domba fullblood Texel berukuran besar, dijual di lelang di Skotlandia pada tahun 2021 seharga 90.000. Itu sekitar 7,2 miliar rupiah! Domba Texel adalah seekor Texel berdarah murni yang dijual di sebuah lelang di Skotlandia seharga 90.000. Jumlahnya sekitar 7,2 triliun rupiah.

 

Ciri-Ciri & Ciri-Ciri Domba Texel Di Indonesia

 

Harga domba Texel yang cukup terjangkau di Indonesia (untuk persilangan super) membuat domba jenis ini sangat digemari dan menjadi pilihan para peternak. Domba texel darah utuh memberikan dampak positif terhadap peternakan dan kualitasnya.

 

Ada baiknya mempelajari ciri-ciri dan ciri-ciri domba texel agar lebih mengenalnya. Secara umum, berikut beberapa ciri-ciri tersebut.

 

Ciri-ciri Domba Texel di Indonesia

 

Ciri-ciri fisik domba texel dapat dilihat. Secara fisik domba texel berbeda dengan domba penghasil wool, karena ukuran domba texel lebih besar. Selain itu, ada beberapa ciri khas yang melekat pada bodi Texel secara umum.

 

1. Badan berotot besar/besar

Ciri yang paling terlihat adalah tubuhnya yang besar dan berotot. Texel juga menjadi salah satu domba yang paling diminati di seluruh dunia karena hal ini. Texel tidak hanya terkenal dengan dagingnya tetapi juga penghasil wolnya. Berkat bodi Texel yang kekar, tekstur dagingnya tidak banyak mengandung lemak.

 

2. Wajah Domba Texel Putih

Selanjutnya tampak depan domba texel mempunyai muka yang berwarna putih bersih. Tidak ada bulu panjang di wajah domba khusus ini. Hanya rambutnya yang pendek saja yang membuat bentuk kepala Texel semakin terlihat jelas.

 

3. Tidak Ada Rambut di Kaki dan Kepala

Selain di kepala, bulu tidak tumbuh di keempat kaki Texel. Sehingga tampilan dari domba ini ‘lebih keren’ dibandingkan domba atau kambing pada umumnya. Hanya bulu badan dan ekor saja yang ditumbuhi rambut sehingga membuatnya terlihat semakin besar.

 

Domba texel dewasa dapat memiliki berat sebanyak 160 kg. Domba Texel juga merupakan raksasa daging. Kambing Boer merupakan kambing raksasa daging.

 

4. Telinga Pendek ke Atas

Bentuk telinga menjadi ciri fisik selanjutnya. Entah domba texel murah atau mahal, bentuk kupingnya sama yaitu pendek dan atas. Sepertinya telinganya menghadap ke depn (dengan posisi hampir mendatar).

 

5. Hidung dan Kuku Domba Texel Berwarna Hitam

Anda dapat memeriksa hidung dan kukunya lebih dekat jika mampu. Kuku kaki dan hidungnya berwarna gelap (hitam).

 

Domba Texel Indonesia

 

Kemudian dari sifat domba yang jinak, merpati, tidak galak seperti kambing aduan. Yang lebih jinak lagi adalah domba betina Texel yang sangat ramah dan bersahabat dengan manusia. Sedangkan untuk domba Texel jantan adalahsedikit lebih agresif dibandingkan betina. Lebih detailnya berikut karakter domba texel.

 

1. Meski badannya besar, namun mudah untuk digerakkan

Ini adalah hewan yang lebih besar karena tubuhnya yang besar dan bulu yang menutupinya. Domba texel masih bisa bergerak dengan mudah. Itu karena struktur genetik yang dimiliki Texel. Hal ini memungkinkannya menghasilkan daging dengan kualitas kelas dunia di seluruh bagian tubuhnya.

 

2. Mudah diperbanyak

Peternak dapat bersukacita karena domba betina Texel tidak memiliki anak domba, sehingga meningkatkan produktivitas. Anda dapat membeli domba betina bunting dengan harga domba Texel yang murah di gibasbarokah.com.

 

3. Pertumbuhan Sangat Cepat Melebihi Domba Broiler Lokal

Texel tumbuh sangat cepat, seperti semua domba potong. Persediaan pakan harus mencukupi kebutuhan pakan harian. Berdasarkan penelitian, pertambahan berat badan Texel fullblood dewasa per hari berkisar antara 300 gram hingga 600 gram.

 

4. Perawatan mudah, daya tahan tubuh tinggi dan adaptasi mudah

Domba Texel mudah dirawat. Sebab, di kampung halamannya, Pulau Texel, domba ini telah belajar beradaptasi dalam berbagai kondisi ekstrem. Mulai dari daya tahan tubuh yang kuat terhadap penyakit, kemampuan beradaptasi, dan keunggulan dalam pengobatan.

 

5. Kalau Kamu Bisa Ramah, Maka Kamu Bisa Punya Hewan Peliharaan

Jika Anda suka menjadikan domba atau kambing sebagai teman bermain Anda, maka Texel adalah pilihan yang tepat. Kambing Pygmy mempunyai ukuran yang lucu dan sangat kecil, karena khusus dijadikan kambing hias. Texel merupakan seekor kambing berukuran raksasa yang lucu dan menggemaskan.

 

Untuk mendapatkan penawaran harga Domba Texel dan jenis domba lainnya baik fullblood maupun blasteran dapat menghubungi kami di peternakan modern Gibas Barokah (GB Farm Ngawi). Informasi kontak dan informasi lainnya dapat ditemukan di website kami gibasbarokah.com atau di akun media sosial kami dengan nama yang sama.

 

Cara Beternak Domba Texel di Indonesia

 

Penting untuk menggemukkan dan membesarkan domba dengan cepat saat beternak domba broiler, seperti Texel. Apakah hanya terletak pada pola dan jenis pakan dombanya saja? Padahal, meski tidak hanya ditentukan dari pola dan jenis pakan, faktor-faktor tersebutlah yang paling penting.

 

Selain itu, ada beberapa cara pemeliharaan yang berkaitan dengan perawatan, kandang, kebersihan, kondisi fisik domba, dan lain sebagainya. Silakan lihat berikut untuk rincian lebih lanjut.

 

1. Pastikan kandang cocok untuk penggemukan.

Kandang domba broiler, mempunyai beberapa jenis berdasarkan umurnya. Ada kandang komunal untuk beberapa domba sekaligus di dalamnya, ada kandang individu untuk dipelihara. Intinya, memperhatikan kandang bertujuan agar domba tidak stres.

 

Telah ditemukan bahwa stres dapat menyebabkan pertumbuhan domba berkurang. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: kandang yang tidak nyaman, sering dilalui orang, tidak ada sinar matahari, dan terlalu lembab/kering.

 

2. Pakan domba dengan pola dan komposisi seimbang

Pakan merupakan faktor yang sangat penting, oleh karena itu pola dan komposisinya harus tepat. Semakin besar ukuran domba texel maka semakin banyak nutrisi yang dibutuhkannya. Nutrisi ini secara umum dibagi menjadi dua kategori: energi dan protein.

 

Ada dua jenis pakan utama yaitu pakan hijauan (pakan konsentrat) dan ampas tahu. Pakan konsentrat meliputi dedak (dedak merupakan campuran jagung, singkong dan dedak), ampas atau lumpur tahu, bungkil kelapa dan singkong. Pakan hijaunya berupa rumput gajah, daun pisang, dan kaliandra.

 

Jumlah pakan konsentrat yang dibuat dari bahan-bahan di atas sangat sedikit, sekitar 1-3%. Pakan hijau (yang merupakan pakan utama) menyumbang 10 hingga 25 persen dari bobot domba.

 

Tentunya peternak dapat menambahkan pakan lain yang sudah teruji atau berdasarkan pengalaman. Pakan fermentasi sama dengan pakan buatan. Mengingat mahalnya harga domba Texel, maka sangat penting untuk memperhatikan pola dan komposisi pakan di atas.

 

3. Perawatan fisik tubuh domba

Berbeda dengan kambing, domba Texel memiliki bulu tebal dan berbulu di tubuhnya. Peternak juga harus memberikan perawatan fisik minimal dua kali seminggu. Beberapa anjuran perawatan antara lain: memandikan domba agar tetap bersih, menjaga kebersihan bulu, memotong kuku domba (umumnya setiap 6 bulan sekali). Semua yang terbaik Jika Anda merawat tubuh domba Anda, mereka akan merasa lebih nyaman. Mereka akan siap tumbuh menjadi raksasa daging.

 

4. Pengendalian Kesehatan Domba Texel Secara Reguler

Hal berikutnya yang perlu dilakukan peternak adalah mengontrol kesehatan domba Texel. Anda sudah tahu apa yang harus dicari pada domba. Contohnya termasuk anus, mata, hidung, mulut, kaki, kaki, anus dan perilaku.

 

Pastikan mata, hidung, dan mulut Anda bersih (tidak ada lendir aneh). Keempat kaki domba harus menopang tubuhnya sehingga dapat bergerak bebas. Anda juga harus memeriksa bagian perut untuk memastikan tidak miring. Anus dapat digunakan untuk mendiagnosis penyakit.

 

Peternak juga dapat melakukan pengendalian kesehatan dengan melihat tingkah laku dan tingkah laku dombanya, apakah wajar atau tidak. Jika ada gejala lain yang tidak biasa, pisahkan dari domba lainnya. Anda dapat memindahkan domba yang sakit ke kandang isolasi khusus sebelum memeriksa lebih detail.

 

5. Jika perlu,memberikan suplemen dan vitamin

Langkah selanjutnya dalam beternak domba Texel adalah penggunaan vitamin atau suplemen khusus. Biasanya setiap peternak mempunyai cara tersendiri dalam menjaga pertumbuhan dombanya agar tetap optimal. Anda dapat menggunakan suplemen yang dibuat oleh produsen, atau suplemen sayuran yang difermentasi. Domba yang sakit, membutuhkan pengobatan dan perawatan berkelanjutan. Jika Anda membeli domba dari GB Farm, kami akan dengan senang hati memberi Anda petunjuk arah. Layanan ini membuktikan bahwa GB Farm Ngawi menghargai pembelian Anda.

 

Gibas Barokah Farm menawarkan harga domba Texel terendah.

 

Akhir kata jika anda tertarik meminang domba tipe Texel, golongan darah lengkap (100% murni asli dengan sertifikat peternakan Australia/Afrika). Atau jenis persilangan hasil persilangan dengan domba super broiler, GB Farm jawabannya. GB Farm menyediakan berbagai layanan bagi pelanggannya. Jenis dombanya adalah Dorper, Awassi Garut Merino Suffolk Texel. Jenis kambingnya juga berbeda-beda (kambing Boer, kambing Anglo Nubian, kambing Alpen, kambing Pygmy, kambing Pygmy hingga kambing kurban). Juga berbagai macam peralatan untuk menunjang peternakan dan hasil olahannya.

 

Di bawah ini adalah jenis-jenis domba texel beserta harganya berdasarkan kondisi masing-masing.

 

1. Domba Texel

GB Farm menawarkan domba Texel mulai dari 1,5 juta saja. Harga tersebut merupakan yang termurah di pasaran Indonesia. Sehingga sangat cocok bagi peternakan yang ingin membudidayakan atau beternak domba broiler kualitas dunia asal Belanda.

 

Ada 2 jenis usia, 6-7 bulan dan 8-10 bulan. Domba Texel betina ini merupakan hasil persilangan antara domba pedaging super yang terjamin kualitas unggulnya. Informasi lebih lanjut mengenai domba ini dapat Anda lihat di sini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-betina.html).

 

2. Domba Texel betina hamil

Ada dua pilihan: Texel hamil dengan domba atau Texel hamil dengan domba Dorper darah penuh. Texel Hamil mulai 3.000.000. Mulai dari 5 juta untuk Dorper fullblood pertama yang hamil anak domba.

 

Kriteria domba texel bunting antara lain : tersedia bobot 40 kg s/d 50 kg, vaksin FMD 2 kali, bibit laktasi 1-3 ekor, sehat 100%. Jaminan kehamilan dengan cek USG, informasi lengkap mengenai paket ini bisa langsung dicek disini (https://gibasbarokah.com/domba-texel-bunting.html).

 

3. Domba Texel Persilangan

Domba jantan texel hasil persilangan merupakan produk yang cukup langka. Untuk ketersediaan stok dapat menghubungi gibabarokah.com. Harga domba texel persilangan dewasa antara 3 sampai 5 jutaan. Cek informasi dan ketersediaan Texel jantan blasteran di sini (https://gibasbarokah.com/cross-texel-jantan.html).

 

4. Domba Fullblood Texel 100% Asli

100% Fullblood Texel merupakan produk domba Texel terbaik. Domba texel masih dibandrol dengan harga sekitar 50 juta rupiah, baik untuk jantan maupun betina. Semua keunggulan genetik bawaan Texel berada di dalam tubuh domba. Impor langsung dari peternakan di Afrika, oleh karena itu Anda perlu memesan terlebih dahulu.

 

Kami selalu dengan senang hati memberikan Anda konsultasi gratis dan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan Anda. Berikut panduan lengkap mengenai Ciri-Ciri, Sejarah dan Perawatan Domba Texel di Indonesia.

 

#dombatexel #texel #domba #dombatexeljantan #dombatexelbetina #dombatexelbunting #dombabunting

Comments

Popular posts from this blog

Pagar Beton Minimalis Unicon Jawa Tengah: Solusi Desain yang Mengesankan dan Praktis

Ini dia beragam makanan tradisional dari Rembang provinsi Jawa Tengah

judul skripsi teknik informatika 2023